Jogja Day 1

Seperti yang telah saya tulis dalam postingan lalu, saat kami tiba di Stasiun Tugu, langit sudah terang dengan sedikit gerimis. Setelah tiba, mandi, sarapan yang so yummy dan mengenyangkan *terima kasih mba’ Mariani* kami berangkat ke tempat tujuan pertama kami; Ullen Sentalu.

Bagi yang belum tahu apa sih itu Ullen Sentalu? Konon tidak banyak yang tahu tempat tersebut. Ullen Sentalu adalah museum pribadi yang menyimpan sejarah keraton Solo dan Yogyakarta. Terletak di Kaliurang dan telah diresmikan KGPAA Paku Alam VII yang saat itu tengah menjabat Gubernur DIY.

Welcome
Welcome

Untuk menikmati isi museum tersebut, kita akan dipandu seorang guide. Dan karena sedang long weekend, hari itu cukup banyak wisatawan berkunjung (walau, tentu saja, tidak seramai di tempat wisata lainnya), sehingga kami bertujuh harus bergabung bersama rombongan keluarga yang isinya didominasi anak-anak kecil. Jujur saja, kenikmatannya sedikit berkurang. Untunglah kami bertujuh ada di barisan paling depan sehingga penjelasan guide terdengar jelas dibalik riuh anak-anak di belakang kami.

it's a bird... no, it's a plane...
it's a bird... no, it's a plane...

Kami saling ber-haaaa saat mendengar seorang raja yang mempunyai 39 selir (baru selir). ber-waaaa dan saling memberikan jempol saat mendengar cerita seorang putri cantik yang memegang prinsip monogami di mana mungkin agak aneh pada zamannya (setiap raja punya selir gitu lho). Ada satu ruangan favorite saya. Ruangan berisi surat-surat yang diberikan kepada satu putri. Bukan surat cinta. Melainkan surat dari para saudara dan teman untuk menghibur sang putri yang kala itu tengah patah hati. Yang menarik, surat-surat tersebut berbentuk puisi-puisi yang dilengkapi foto diri sang pengirim. Saat teman saya bertanya apakah foto itu diletakkan dalam surat untuk memudahkan para pengunjung mengetahui siapa yang mengirim, sang guide menjelaskan bahwa foto-foto tersebut sejak semula memang telah tertempel dalam surat-surat itu. Dan kamipun ber-hooo… lagi.

Dengan alasan keamanan koleksi museum, wisatawan dilarang memotret selama tur. Saat akhirnya guide selesai menjelaskan sejarah dibalik koleksi mereka, tur ditutup dengan segelas minuman jahe yang konon adalah ramuan awet muda *Aww*. Setelah itu barulah kita diijinkan menggunakan kamera kita di tempat-tempat tertentu. Mendengar kata diijinkan memotret, tentu saja kami -para banci foto- langsung mengumpulkan energi kami. Sementara rombongan yang tadi bersama kami mungkin sudah sampai malioboro *berlebihan*, kami masih saja berusaha menghabiskan memori kamera masing-masing :p

Setelah puas, kami bertolak ke Prambanan. Tidak seperti di Ullen Sentalu yang gerimis, cuaca sungguh sangat terik saat kami tiba di Prambanan. Beberapa candinya sendiri masih dalam renovasi. Tapi tentu saja hal itu tidak akan menghalangi kami untuk mengeluarkan kamera dan bergaya di depannya :p. Buat apa kacamata dan payung yang kami bawa?

Kami menutup jalan-jalan di Prambanan dengan menikmati pecel sebagai makan siang.

numpang foto aja
numpang foto aja

Dan kemudian melanjutkan perjalanan kami ke Ganjuran. Sayang kami telat mendapat info bahwa ternyata gerejanya sudah roboh^^ dan sedang dibangun ulang saat ini. Yang tersisa hanya sebuah candi. Akhirnya setelah seorang teman berkata kepada pak supir, “Pak, bawalah kami kemanapun kau mau,” *halah* kami dibawa ke sebuah desa wisata. Di tempat tersebut hidup ribuan burung pemakan ikan, burung kuntul. Sayang tidak bisa kami potret karena terlalu jauh di atas pohon 😦

)
dinner time 🙂

Dan kami menutup hari pertama dengan menikmati seafood bercitarasa Bali di resto Jimbaran. Yumm!

Advertisements

7 thoughts on “Jogja Day 1

  1. 7thn di jogja ga pernah berniat ke museum
    ternyata bagus ya?
    harus singgah ke ullen sentalu sebelum meninggalkan kota jogja nih

Hey you, thanks for reading. Let's talk now :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s