Mempertanyakan

Satu dari mereka mulai ‘merebut’ mimpi saya kembali. Mimpi yang bahkan belum terwujud dengan sempurna. Mimpi yang menjadi harapan saat saya merasa tak ada lagi yang tersisa. Lalu saya bertanya. Bukan pada mereka, tetapi pada Tuhan, “kenapa?”

Namun, sama seperti waktu-waktu sebelumnya, saya sama sekali tidak mendapat satu pun jawaban dariNya. Hingga minggu pagi itu, ketika saya duduk di antara sekumpulan orang-orang yang sedang mengikuti ibadah minggu.

“Terkadang keputusan Tuhan tidak sesuai dengan keinginan kita, manusia. Kenapa kita selalu menuntut lebih?”

Entah sudah berapa ratus kali saya mendengar ucapan itu. Kalimatnya tidak selalu persis sama. Yang mengatakan hal itu pun bukan hanya seorang. Saya pun juga kerap bersandar pada kalimat tersebut, walau selalu jatuh kembali.

Tapi saat itu, saat pendeta Arnex – yang baru saja ditahbiskan menjadi pendeta setelah menyelesaikan tugasnya sebagai vikaris – mengucapkannya, beliau melanjutkan dengan sebuah kalimat yang menyentil saya, seketika itu juga.

“Karena manusia selalu mempertanyakan.”

Karena saya selalu bertanya, kenapa, dan kenapa. Karena saya memilih untuk tidak mendengar jawaban Tuhan yang sebenarnya selalu Ia beri setiap saya mengucap doa padaNya.

Tentu, sakit yang saya rasakan karena ‘perebutan’ mimpi itu masih melekat – tidak mudah hilang begitu saja. Tapi saya berusaha untuk menerimanya, karena, biar pun mereka akhirnya memilih jalan yang sama dengan saya, atau saya yang akhirnya memilih jalan yang sama dengan mereka, kami berbeda. Jangan dibandingkan. Tidak bisa dibandingkan.

Nah, semoga kali ini saya tidak terjatuh kembali.

Hey you, thanks for reading. Let's talk now :)

