Global Warming!

Pernah menonton film The Day After Tomorrow yang dibintangi oleh si cakep Jake Gyllenhaal? Sempat terpikir, tidak, kalau ‘kehebohan’ yang terjadi dalam film tersebut bisa saja terjadi dalam kehidupan kita?

Benar, saya sama sekali tidak ada niat untuk bercanda. Kalau kita, manusia, tidak secepatnya sadar untuk mencintai bumi ini, hal-hal mengerikan tersebut mungkin saja akan datang menghampiri.

Sebenarnya, saya baru membaca salah satu majalah wanita langganan yang membahas tentang Global Warming. Dan tidak ada salahnya, kan, kalau saya meneruskan ‘pesan’ itu untuk disampaikan pada orang banyak?

Apa itu Global Warming? Global Warming ialah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan Bumi. Planet Bumi telah menghangat (dan juga mendingin) berkali-kali selama 4,65 milyar tahun sejarahnya. Pada saat ini, Bumi menghadapi pemanasan yang cepat, yang oleh para ilmuan dianggap disebabkan aktifitas manusia. Penyebab utama pemanasan ini adalah pembakaran bahan bakar fosil, seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam, yang melepas karbondioksida dan gas-gas lainnya yang dikenal sebagai gas rumah kaca ke atmosfer. Ketika atmosfer semakin kaya akan gas-gas rumah kaca ini, ia semakin menjadi insulator yang menahan lebih banyak panas dari Matahari yang dipancarkan ke Bumi.*

Sayangnya manusia tidak juga sadar bahwa hal-hal kecil yang mungkin terlihat remeh, justru membuat bumi semakin lama semakin rusak. Banyak, loh, yang bisa dilakukan untuk mewujudkan rasa cinta kita terhadap bumi^^. Misalnya, kurangi penggunaan plastik, atur penggunaan AC agar tidak berlebihan, minimalkan penggunaan mobil pribadi, kalau jarak yang ditempuh tergolong dekat. Dan lain sebagainya. Itu juga sebabnya saya paling BENCI melihat orang yang buang sampah sembarangan.

Saya tidak mau bicara banyak deh, bukan pakarnya sih^^. Kalau ingin tahu seberapa besar kita telah merusak bumi ini, kamu bisa baca Gogirl! edisi Juli 2007. Di dalamnya cukup lengkap membahas masalah global warming tanpa harus membuat kita mengerutkan kening dengan bahasa-bahasa a la profesor yang biasanya njelimet… hehehe^^

*dari: Wikipedia

Advertisements

Hey you, thanks for reading. Let's talk now :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s